Cara Restore Data Komputer pada Windows

Restore data pada windows memungkinkan kita untuk mengembalikan data dan konfigurasi windows dimana data tersebut terakhir di backup. Restore akan mengembalikan semua file, konfigurasi, settings dan lain-lain pada drive C. Dengan melakukan Restore akan menghindari kehilangan data pada windows sehingga data yang hisalng bisa dikembalikan lagi.

Sebelum kita melakukan restore pada komputer  kita harus mempunyai data back up dari komputer tersebut. Maka dari itu lakukan back up data secara berkala untuk menghidari kehilangan data jika terjadi masalah pada komputer ( Baca Juga: Cara Back Up Data Komputer pada Windows)

Sistem operasi windows sudah menyediakan layanan back up dan restore pada sistem mereka, sehingga kita hanya tinggal menggunakan tool tersebut untuk merestore data. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan restore pada windows:
  • Langkah pertama klik Start pada Windows kemudian pilih Control Panel
  • Langkah selanjutnya pada jendela Control Panel, Pilih System and Security.
    Langkah berikutnya akan muncul jendela System and Security. Pada jendela ini terdapat menu Action Center, Windows Firewall, System, Windows Update, Power Option, Back Up and Restore, BitLocker Drive Encryption dan Administrative Tools. Kemudian pilih Menu Back Up and Restore.
    Pada jendela ini terdapat 2 pilihan yaitu Back Up dan Restore. Klik Restore my File pada kategory Restore
  • Langkah selanjutnya kita akan dibawa pada jendela Restore Files, Pilih lokasi dimana anda menyimpan hasil back up komputer tersebut kemudian klik Next.
  • Langkah berikutnya kita akan menentukan dimana kita ingin melakukan restore. Pilih In the Original Location kemudian klik Restore.
  • Kemudian tunggu sampai proses restore selesai.
Cara Restore Data Komputer pada Windows Cara Restore Data Komputer pada Windows Reviewed by Mujiono on 8:00 AM Rating: 5

4 comments:

Powered by Blogger.