Pengertian komponen Motherboard dan fungsinya

Motherboard atau mainboard adalah papan sirkuit komputer yang berfungsi sebagai tempat untuk memasang perangkat komputer seperti: memori(RAM), processor, VGA card, I/O, souncard dan lain-lain, motherboard menjadi komponen yang sangat penting karena sebagai penghubung semua komponen perangkat keras komputer.
Berikut adalah beberapa bagian-bagian dan fungsi komponen motherboard seperti pada gambar di bawah ini:

  • Slot atau Socket proscessor merupakan bagian yang berfungsi sebagai tempat meletakan dan memasang processor yang dilengkapi dengan pengunci yang ada pada motherboard. Bentuk dari socket komputer akan disesuaikan dengan processor yang ada.
  • Slot Memori (RAM), merupakan tempat untuk meletakkan memori (RAM), RAM terdapat beberapa jenis seperti SD RAM, DDR 2, DDR 3 dan lain-lain, jadi saat anda membeli RAM pastikan slot RAM sama dengan RAM yang dibeli.
  • IDE atau port IDE merupakan port yang mempunyai 40 pin yang berfungsi untuk meletakkan kabel IDE yang menghubungkan ke beberapa komponen seperti Hardisk dan CD Room. Port IDE biasanya terbagi menjadi 2 macam yaitu primari IDE dan Secondary IDE. Primari hardisk biasanya digunakan untuk menghubungkan ke hardisk sedangakan secondary IDE berfungsi untuk menghubungkan ke komponen CD ROOM.
  • Chipshet Motherboard adalah komponen yang berfungsi untuk mengatur dan membagi fungsi-fungsi dalam motherboard, Chipshet motherboard ada 2 macam yaitu chipshet nort bridge dan chipshet south bridge. Chipshet North Bridge berfungsi untuk mengatur alur kinerja processor yang berhubungan dengan komponen utama. seperti slot memori, slot PCI dan slot AGP. Chipshet North Bridge biasanya terletak di dekat komponen processor. sedangkan Chipshet South Bridge berfungsi untuk mengatur alur kerja processor yang berhubungan dengan komponen seperti control IDE hardisk, drive, DMA dan interrupt.
  • Chipshet Bios merupakan chipshet yang berisi software bios yang berfungsi untuk membaca dan mendata komponen komputer. Chipset bios memperoleh tegangan dari baterai bios sehingga bisa menyimpan konfigurasi bios meskipun komputer dimatikan.
  • SATA merupakan port yang berfungsi untuk meletakkan kabel sata yang akan dihubungkan dengan hardisk yang mempunyai port SATA.
  • PCI adalah saluran 32 dan 64 bit standar local bus yang mengikat bus ekspansi, PCI biasanya digunakan untuk meletakkan komponen-komponen seperti VGA card, Sound Card, lAN card dan lain-lain.
  • AGP merupakan slot VGA jenis baru yang khusus digunakan untuk meningkatkan kinerja video adapter. Kerja AGP 2 kali lebih cepat dari PCI.
Pengertian komponen Motherboard dan fungsinya Pengertian komponen Motherboard dan fungsinya Reviewed by Mujiono on 3:37 PM Rating: 5

3 comments:

  1. terima kasih kawan untuk ilmu yang sudah mau berbagi

    ReplyDelete
  2. A couple of individuals sent in communicating enthusiasm for seeing more about the essentials of motherboards, and that is actually what this Tech Tip expects to address. MSI Mag B550M Mortar

    ReplyDelete

Powered by Blogger.