Home | Tutorial Komputer | Jaringan Komputer | Tutorial Blog | Tips dan Trik | Privacy Policy |

Sejarah Sistem Operasi Komputer

Sejak ditemukannya pertama kali sampai saat sekarang ini, sistem operasi mengalami perkembangan yang sangat pesat, perkembangan tersebut dibagi menjadi empat generasi berdasarkan tahunnya:
  1. Generasi pertama, dimulai tahun 1945 - 1955 merupakan awal dari perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik, pada generasi ini belum ada sistem operasi sehingga semua itruksi atau perintah yang diberikan ke sistem komputer dilakukan secara langsung.
  2. Generasi kedua yaitu dimulai dari tahun 1955 sampai dengan tahun 1965, pada generasi ini mulai dikenalkan dengan Batch Processing System. Batch Processing System itu sendiri adalah pekerjaan atau job yang dikerjakan dalam satu rangkaian yang dieksekusi secara berurutan, Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi dengan sistem operasi akan tetapi beberapa fungsi dari sistem operasi sudah mulai ada seperti FMS dan IBSYS.
  3. Generasi Ketiga yaitu dimulai pada tahun 1965 sampai dengan 1980, pada generasi ini mulai dikembangkan sistem operasi untuk melayani banyak pengguna sekaligus dimana para pengguna berkomunikasi lewat terminal secara online ke komputer atau biasa kita sebut dengan multi user dan multi programing.
  4. Generasi keempat yaitu dimulai setelah tahun 1980, pada saat sekarang ini perkembangan dari sistem operasi menjadi sangat pesat sekali dan sistem operasi dipergunakan untuk jaringan komputer dimana pengguna menyadari komputer yang saling berhubungan satu sama lain.


Artikel Terkait :




TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar anda, agar saya bisa bersilaturrahmi dengan membalas kunjungan anda. Berkomentarlah yang bijak dan sopan, karena komentar yang kurang bijak dan bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

2 comments:

  1. blog yang sangat bermanfaat kawan ....terima kasih sudah berbagi ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas kunjungannya kawan, salam kenal ....

      Delete