Struktur Sistem Operasi

Struktur operasi system pada komputer meliputi:
  1. Manajemen Proses, yaitu sistem operasi bertanggung jawab atas kegiatan yang berhubungan dengan manajemen proses seperti: pembuatan dan penghapusan proses pengguna, menunda maupun melanjutkan suatu proses, menyediakan mekanisme untuk untuk proses sinkronisasi, komunikasi dan deadlock.
  2. Manajemen memori utama, yaitu sistem operasi bertanggung jawab atas kegiatan yang berhubungan dengan manajemen memori.
  3. Manajemen secondary storage, yaitu sistem operasi bertanggung jawab untuk penyimpanan data secara permanen pada hardisk, disket dan lain-lain.
  4. Manajemen sistem I/O, yaitu sistem operasi menyediakan device driver yang umum sehingga operasi I/O dapat seragam.
  5. Manajemen berkas, merupakan kumpulan informasi yang berhubungan dengan manajemen berkas seperti: pembuatan, penghapusan maupun manipulasi berkas.
  6. Sistem proteksi, merupakan mekanisme yang mengontrol hak akses yang dilakukan oleh program, prosesor atau pengguna ke sumber daya.
  7. Command Interpreter System, yaitu sistem operasi menunggu intruksi atau perintah dari pengguna/user. Program yang membaca intruksi dan mengartikan kontrol statement umumnya disebut dengan control card interpreter, command line interpreter dan UNIX shell.
Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca ...
Struktur Sistem Operasi Struktur Sistem Operasi Reviewed by Mujiono on 8:36 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.