Chipset Motherboard

Chipset merupakan komponen pada motherboard yang berfungsi sebagai pengatur atau pembagi fungsi-fungsi dalam motherboard. Chipset tertanam pada motherboard untuk meningkatkan kerja motherboard. Dalam motherboard dikenal 2 jenis chipset, yaitu:
  1. Chipset Northbridge merupakan chipset utama pengatur alur data kinerja prosessor yang berhubungan dengan komponen utama seperti: slot memori, slot AGP, slot PCI dan lain lain-lain, Chipset Northbridge biasanya berada disebelah komponen prosessor atau yang lebih dekat dengan prosessor.
  2. Chipset Southbridge adalah chipset yang berfungsi sebagai pengatur alur data kinerja prosessor yang berhubungan komponen skunder (bukan komponen utama) seperti: control IDE harddisk, drive, DMA, interrupt dan lain-lain.
Chipset sangat berpengaruh terhadap kinerja komputer karena chipset juga mempengaruhi kecepatan proses dari prosessr. Setiap motherboardmenggunakan chipset yang berbeda-beda, kadang setiap merk motherboard belum tentu sama dengan merk chipsetnya. jenis dari chipset yang digunakan pada motherboard akan mempengaruhi:
 Type prosessor yang akan digunakan pada motherboard
  • kelengkapan port I/O yang digunakan
  • Type display adaptor yang digunakan
  • Jenis memori yang mendukung motherboard
  • Kelengakapan fitur tambahan pada motherboard.
Dari uraian diatas bisa disimpulkan bahwa saat anda ingin membeli sebuah motherboar maka periksa dulu chipset yang ada (merk dan kemampuan chipset), dan kelengkapan komponen motherboard.

Semoga artikel ini bermanfaat .....
Chipset Motherboard Chipset Motherboard Reviewed by Mujiono on 1:18 PM Rating: 5

7 comments:

  1. Sangat bermanfaat gan :)
    tnk's ya.. :D

    ReplyDelete
  2. terima kasih yang telah membuat artikel ini saya sangat terbantu oleh artikelnya. karena bsk saya ulangan MIPC tentang chipset tnk's gan .

    ReplyDelete
  3. Numpang promosi ya gan, ni bagus banget.
    kupas habis segala permasalahan hardware dan software komputer.
    dari repair motherboard, power supply, harddisk drive, LCD, dsb.
    repair sound yang hilang, BIOS, software jaringan, sampai repair ponsel.
    serta seputar pertanyaan yang sering dipertanyakan didunia komputer.
    langsung saja gan,
    http://www.dpcworld.com/?reg=aloenz
    ane udah buktiin sendiri gan, bukan tipu menipu punya.
    thanks ^_^

    ReplyDelete
  4. At the same time, make sure that the CPU is fast and powerful enough as these features are typically required in a good-performing gaming PC. msi am4 motherboard

    ReplyDelete

Powered by Blogger.