Jenis Power Supply (Power supply AT dan power supply ATX)

Power Supply merupakan komponen yang sangat penting bagi komputer karena power supply berfungsi untuk memberikan daya kepada semua perangkat keras komputer. Pada power supply terdapat konektor-konektor yang memiliki fungsi yang berbeda-beda dan memiliki tergangan keluaran yang berbeda-beda pula sesuai dengan komponen yang hardware yang membutuhkan.

Saat ini power supply mempunyai beberapa jenis, diantaranya:
  1. Power Supply AT: Power supply ini mempunyai kabel power yang dihubungkan ke motherboard terpisah menjadi 2 konektor yaitu konektor P8 dan P9 sehingga jika kita memasang kabel power ini harus sangat berhati-hati agar tidak terjadi kesalahan pemasangan atau terbalik dalam pemasangan. Cara pemasangannya yang tepat adalah kabel power yang berwarna hitam dari kabel power P8 dan P9 harus bertemu ditengah-tengah jika kedua konektor tersebut disatukan. Pada power supply jenis ini tombol ON dan OFF langsung dihubungkan pada chasing komputer sehingga untuk menyalakan maupun mematikan komputer tersebut kita harus menekan tombol power. Power supply jenis ini dulu digunakan pada komputer Pentium II dan komputer Pentium III sehingga sekarang kita sudah sangat jarang menemuinya lagi.
  2. Power Supply ATX: Power supply ini memiliki kabel power yang dihubungkan ke motherboard sudah menjadi satu kesatuan yang berjumlah 20 PIN,  konektor ini biasa disebut dengan kabel ATX 20 PIN. Dalam pemasanganya sangat jarang terjadi kesalahan karena jika pemasangan terbalik maka konektor dengan port yang ada pada motherboard tidak menyatu, hanya saja syaratnya jangan memaksakan untuk menancapkan jika konektor tidak bisa masuk. Power supply ini dilengkapi dengan power switch atau auto shutdown sehingga untuk mematikan komputer anda hanya perlu mengeklik perintah shutdown pada komputer tanpa harus menekan tombol power pada komputer. power supply ATX dipakai untuk komputer Pentium III sampai sekarang.
Jenis Power Supply (Power supply AT dan power supply ATX) Jenis Power Supply (Power supply AT dan power supply ATX) Reviewed by Mujiono on 5:49 PM Rating: 5

2 comments:

Powered by Blogger.