Cara membulatkan angka decimal pada microsoft excel

Pada saat melakukan perhitungan matematika dalam lembar kerja microsoft excel, kadang kita dihadapkan pada bilangan decimal dengan nilai angka dibelakan koma yang sangat banyak sekali. Apalagi saat kita menggunakan rumus pembagian untuk menghitung suatu nilai.

Nilai yang ada dibelakang koma merupakan nilai asli dari pembagian tersebut sehingga jika hasil nilainya sangat banyak angka dibelakang koma maka biasanya kita juga akan kesulitan untuk membuat laporan. Sehingga kadang kita perlu membuat pembulatan angka agar hasil dari pembagian atau perhitungan tersebut menjadi lebih sederhana dan tidak terlalu banyak angka dibelakang koma. Sebagai contoh nilai dari 12 : 9 maka hasilnya adalah 1, 33333.

Untuk menyederhanakan hasil dari nilai tersebut kita bisa melakukan pengaturan pada cells di ms excel, kta bisa membuat berapa angka dibelakang koma sesuai dengan keinginan kita. misalnya hasil dari 12 : 9 menjadi 1, 33. Akan tetapi yang harus kita pahami adalah nilai pembulatan jika nilai lebih dari 5 maka pembulatannya adalah 6 dan jika nilai lyang dibulatkan adalah kurang dari 5 maka nilai dihilangkan. misalnya:
12, 567 menjadi 12, 57
10, 333 menjadi 10, 33
Untuk mengatur cells agar bisa membulatkan angka secara otomatis, ikuti langkah berikut:

  1. Blok cells yang akan di bulatkan
  2. Selanjutnya klik kanan pada cells
  3. Kemudian pilih Format Cells
  4. Maka akan muncul jendela Format Cells
  5. Pada category number, ubah pengaturan Decimal Places
  6. Jika anda mengisi Decimal Places angka 2 maka pembulatan dilakukan 2 angka dibelakang koma
  7. dan jika anda mengisi decimal place dengan angka 1 maka pembulatan dilakukan 1 angka dibelakang koma.
  8. klik OK jika sudah selesai
Cara membulatkan angka decimal pada microsoft excel Cara membulatkan angka decimal pada microsoft excel Reviewed by Mujiono on 1:45 PM Rating: 5

3 comments:

Powered by Blogger.