Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kelemahan Jaringan Wireless - wireless network

Pengertian Jaringan Wireless atau Jaringan WIFI

Jaringan komputer tanpa kabel atau yang biasa kita sebut dengan wireless network merupakan jaringan komputer yang tidak menggunakan kabel jaringan seperti UTP, coaxial, fiber optic, namun memanfaatkan sinyal elektromagnetis. Saat sekarang banya sekali yang sudah menggunakan jaringan wireless karena selain lebih efisien juga lebih praktis, ditambah lagi saat sekarang hampir semua laptop sudah terpasang perangkat penerima jaringan wireless.

Hal yang paling menjadi kelebihan dari jaringan wireless adalah kemudahan dalam pemasangan dan lebih praktis karena tidak perlu memasang banyak kabel untuk membuat koneksi. Pengguna cukup mengaktifkan fitur wireless pada perangkat komputer atau pada perangkat mobile, lalu menghubugkan diri ke jaringan wireless yang ada.


Baca Juga: Cara Membuat Jaringan Komputer

Fungsi Jaringan Wireless Pada Jaringan Komputer

Jaringan Wireless berfungsi untuk menghubungkan perangkat-perangkat dalam jaringan seperti laptop, komputer, tablet, smartphone, printer sehingga bisa berkomunikasi satu sama lain. Yang membedakan dengan jaringan lainnya adalah jaringan wireless tidak menggunakan kabel sebagai media transmisinya melainkan menggunakan gelombang radio yang dipancarkan melalui perangkat access point.

Kelebihan dan Kelemahan Jaringan Wireless pada Jaringan Komputer

Setiap perkembangan teknologi tentu akan ada kelebihan dan kelemahan masing-masing, berikut adalah kelebihan dan kelemahan menggunakan jaringan wireless atau jaringan tanpa kabel pada jaringan komputer:

Kelebihan Jaringan Wireless atau Jaringan Tanpa Kabel
  1. Dapat dipergunakan untuk komunikasi data dengan jarak yang jauh sekali. Tergantung LOS (Line of Sight) dan kemampuan perangkat wireless dalam memancarkan gelombang.
  2. Sangat baik digunakan pada gedung yang sangat sulit menginstall kabel
  3. Jaringan ini tidak memerlukan banyak kabel
  4. Sangat praktis karena tidak ada kabel yang berserakan untuk menghubungkan perangkat satu dengan perangkat lainnya
Baca Juga: Pengertian dan Fungsi DHCP pada Jaringan Komputer

Kelemahan Jaringan Wireless atau Jaringan Tanpa Kabel

Selain itu jaringan komputer tanpa kabel (wireless network) juga memiliki banyak kekurangan, diantaranya:
  • Ancaman interferensi dari gelombanglainnya yang dapat mengganggu koneksi jaringan
  • Kemungkinan diserang oleh attacker secara remote
  • Sinyal wireless biasanya terganggu oleh beberapa penghalang fisik seperti tembok, pohon dan benda yang lain yang sulit untuk ditembus oleh sinyal wireless.
  • Sulit diperoleh karena spectrum frekuensi terbatas 
  • Biaya instalasi, operasional dan pemeliharaan sangat mahal Keamanan data kurang terjamin
  • Pengaruh gangguan (derau) cukup besar 
  • Transfer data lebih lambat dibandingkan dengan penggunaan kabel
Saat sekarang kebanyakan orang menggabungkan antara jaringan wireless dan jaringan dengan kabel untuk membangun sebuah jaringan komputer atau biasa disebut dengan jaringan hibrida yang bertujuan untuk menggabungkan kelebihan dari masing-masing jaringan.
Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kelemahan Jaringan Wireless - wireless network Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kelemahan Jaringan Wireless - wireless network Reviewed by Mujiono on 8:01 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.