Perbedaan Windows 32 Bit dengan Windows 64 Bit

Sebagai pengguna windows tentu kita sering menjumpai versi windows yang berbeda - beda, selain versi dari product versi bit kadang juga akan berbeda. Saat ini hampir semua orang berpindah dari windows 32 bit menjadi 64 bit. bahkan semua perangkat komputer terbaru saat ini beberapa perangkat hanya support pada windows 64 bit.

Apakah perbedaan Sistem operasi windows 32 bit dengan 64 bit?

Perbedaan utama antara windows 32 bit dengan dengan windows 64 bit adalah terletak pada kecepatan penanganan informasi dari sebuah prosessor pada saat menjalankan program tertentu. Windows 64 bit mempunyai kecepatan akses yang lebih baik dibandingkan dengan windows 32 bit akan tetapi hal tersebut juga akan menyesuaikan dengan perangakat hardware yang ada.

Windows 64 bit mempunyai keunggulan yang lebih baik dibandingkan windows 32 bit.

Untuk menangangi sebuah informasi windows 64 bit mempunyai kecepatan lebih dibandingkan dengan windows 32 bit. Bit adalah sebuah kode binner yang dinyatakan dengan angka logic yang terdiri dari 2 angka yaitu angka 0 dan 1. Dengan kata lain untuk windows 32 bit memproses data bisa dilakukan sebanyak 32 digit secara bersamaan dalam waktu tertentu, sedangkan untuk windows 64 memproses data sebanyak 64 digit secara bersamaan. dan tentunya windows 64 bit lebih cepat dibandingkan windows 32 bit.

Baca juga: Kelebihan dan kelemahan Windows 7

Microsoft telah meluncurkar windows dengan bit yang berbeda yaitu windows 32 bit dan windows 64 bit. Akan tetapi sebelum kita melakukan install ulang sistem menjadi 64 bit kita juga harus memperhitungkan terlebih dahulu spesifikasi hardware dari komputer yang kita punya.

Bagaimana cara melihat apakah windows kita menggunakan 32 bit atau 64 bit?

Untuk melihat bit windows yang ada pada komputer kita, apakah menggunakan windows 32 atau 64 bit bisa dilakukan dengan cara:
  • Klik START pada windows
  • Klik kanan pada menu Computer --> kemudian pilih properties
  • Maka Windows akan menampilkan informasi dari sistem
  • Perhatikan pada menu System Type
  • Atau juga bisa masuk melalui    Control Panel\System and Security\System
Prosessor 32 bit hanya mampu bekerja dengan memori maksimal 4 GB saja sedangkan untuk prossesor 64 bit mampu bekerja dengan memori maksimal 17 juta GB.
Perbedaan Windows 32 Bit dengan Windows 64 Bit Perbedaan Windows 32 Bit dengan Windows 64 Bit Reviewed by Mujiono on 9:44 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.